15/04/08

human capacity

Buat gue setiap manusia memiliki kapasitas masing-masing. tidak bisa ditentukan dari umur atau latar belakang dan status sosial dan pendidikan. Tidak bisa ditentukan dari pengalaman atau apa pun. Kapasitas manusia itu adalah penanda apakah seseorang itu bisa dikatakan bahwa dia itu 'besar' atau 'kecil'.

Sama seperti permainan yang akhir2 ini selalu gue mainkan. Dalam setiap desa yang dibangun, selalu ada kapasitas maksimal, yang percuma kalau tidak digunakan dengan maksimal. Sama seperti desa-desa itu juga, manusia melakukan upgrade diri, dengan terus belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Perkembangan manusia itu tidak serta merta terjadi karena umur makin tua. Perlu biaya mahal setiap kali kita ingin mengupgrade diri kita menjadi lebih baik. Kadang kita harus melewati rasa sakit, kesedihan, rasa marah, konflik, perpisahan, dan segala macam hal yang membuat kita belajar tentang satu hal baru.

Apa yang gwe maksud dengan kapasitas sebagai manusia? apa yang gwe maksud sebagai kapasitas gwe sebagai manusia?

Kapasitas manusia adalah seberapa besar kemampuan manusia tersebut untuk menampung informasi dari lingkungan di sekitarnya. tidak hanya itu, kapasitas manusia juga meliputi bagaimana dia mengolah informasi tersebut agar tidak terlalu banyak dan meluber sia-sia, dan juga cara manusia tersebut menghasilkan output sesuai dengan informasi yang diterimanya tersebut.

tidak mudah loh!

kadang kala karena kebodohan kita, kita lupa kalau kita memiliki kapasitas lebih. mungkin kita lebih pintar, lebih baik dan lebih bermoral daripada yang pernah kita pikirkan. mungkin kita lebih cerdas, lebih tahu, atau lebih mampu daripada yang kita kira. tapi kita tidak pernah mengetahui kapasitas kita

Atau sebaliknya. Bisa jadi kita menilai bahwa seseorang itu memiliki kapasitas lebih daripada yang sebenarnya. Dia berjanji, dan kita berharap, dan akhirnya kita akan kecewa karena dia tidak memiliki kapasitas yang kita kira. Semua yang kita berikan pun akhirnya terbuang sia-sia.

beberapa hari ini gwe memikirkan tentang seseorang. Tidak perlu disebutkan namanya. Terlalu banyak orang dalam kehidupan gue dan kadang2 beberapa memang tidak perlu memiliki nama agar tidak memenuhi memori otak (gwe tahu kapasitas Human HardDisk gwe kok).

Gwe memberikan banyak harapan terhadap orang ini, dan kadang kala harapan itu melebihi kapasitas dia sebagai manusia. Maksud gwe, untuk manusia lain, pasti akan memenuhi capacity requirement yang gwe inginkan, tapi gwe selalu berharap dia akan mengupgrade dirinya menjadi lebih baik sehingga dia bisa memiliki kapasitas itu.

kapasitas minimal dirinya sebagai manusia.

kapasitas minimal.

Seperti apa kapasitas minimal seseorang sebagai manusia itu?

Manusia itu memiliki kapasitas untuk banyak hal. Seperti sebuah super komputer yang sangat canggih sekali banget deh. Manusia memiliki kapasitas untuk mengingat, memproses, dan lebih jauh lagi, manusia memiliki insting dan naluri yang beresiko.

Tapi kenapa?

kadang gwe bertanya ada beberapa orang yang tidak pernah bisa mencapai target kapasitas minimal untuk menjadi seseorang. Apakah selamanya dia akan menjadi orang yang kaya begitu...

oh ya...

sebagai penutup gwe cuma mau mengatakan bahwa kapasitas manusia itu terutama berada pada hati dan perasaanya. Di mana orang yang selalu mengupgrade dirinya dan membuat kapasitasnya besar, maka dia akan disebut orang besar berjiwa besar. sedangkan orang yang kapasitasnya gitu2 aja... yah.. katakan lah... berjiwa kerdil.

dan sayangnya....

cuma sayangnya... gwe terlalu banyak berharap pada si kerdil ini untuk menjadi normal.

yah sudahlah... gwe masih punya kemampuan untuk bersabar kok.

2 Komentar:

Blogger p3durungan mengatakan...

bujubuneng... bener2 psikopat yang perlu penanganan nih.. Apakah perlu kita undang Anthony Hopkins untuk konsultasi :P

5 Mei 2008 pukul 14.01  
Blogger Mel mengatakan...

lho? kok yang ini dibilang psikopat sih? ga juga loooh :p

6 Mei 2008 pukul 04.39  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

About Me

Seorang psikopat yang berkeliaran di dunia luas, sangat menggemari hal2 berbau kriminal terutama yang berkaitan dengan pembunuhan berencana. Psikopat baik hati ini ternyata suka menolong orang yang kesusahan, terutama orang yang memiliki kesulitan untuk hidup... dibantulah ia supaya cepat mati... namanya juga psikopat... what do you expect??


Friends

satochi
cornelia
ebooks gratisan
raykuro
melisa
icha
sontoloyo
tiza



Archives

Januari 2008 Februari 2008 Maret 2008 April 2008 Mei 2008 Juni 2008 Juli 2008 Agustus 2008 Januari 2009


Recent Comments




Halo Mel!


Free chat widget @ ShoutMix



Click for Money
foxcash
kablebux
croclix
alertpaybux